Terima kasih anda telah membaca blog saya. Komentar anda sangat saya harapkan. Terima kasih
yang tidak diinginkan dalam pekerjaan. Penyelesaian masalah mulai hasil yang jauh dari keinginan sampai pada suatu tingkat yang mungkin. penyebab permasalahan di investigasi dimulai dari kenyataan dilapangan, penelusuran hubungan sebab akibat yang dianalisa secara tepat. Hindarkan penyelesaian berdasarkan imajinasi atau berdasarkan desk theory, dimulai dengan uasaha menyelesaikan masalah dengan menentukan kesalahan, kegagalan atau hal-hal yang memperlambat improvement.Tindakan perencanaan dan implementasi penyelesaian masalah untuk mencegah faktor penyebabnya terjadi kembali inilah yang disebut dengan QC STORY.
Series : Quality Management
Diedit oleh : Ragil Sutanto
Artikel ini saya ambil dari buku Statistical Methode For Quality Improvement
karya : Hitoshi Kume
THE QC STORY
QC STORY adalah langkah penyelesaian masalah
(Problem Solving)yang tidak diinginkan dalam pekerjaan. Penyelesaian masalah mulai hasil yang jauh dari keinginan sampai pada
7. Langkah Problem Solving.
1). Mencari permasalahan.
Identifikasikan masalah
2). Observasi.
Mengenali masalah yang utama
3). Analisa.
Kenali penyebab utamanya.
4). Tindakan.
Eliminasi penyebab.
5). Standarisasi.
Permanenkan eliminasi penyebab.
6). Kesimpulan.
Review seluruh aktifitas dan rencanakan utnuk pekerjaan yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar