Sabtu, 03 Januari 2009

HOW DO YOU SET YOUR QUALITY OBJECTIVE ?

Maaf ini tidak bermaksud mengajari tapi sebagai sharing semoga bermanfaat.

Series of article : Management (sumber dari majalah "KENSHU" No.: 177)

HOW DO YOU SET QUALITY OBJECTIVE ?
Sejarah merubah kualitas sebagai syarat persaingan.
K ualitas memainkan peranan penting pada manajemen bisnis dalam pengertian menjamin keuntungan kemenangan dalam persaingan merebut pelanggan (dalam pasar persaingan pemilihan produk dan pelayanan) . Kualitas sebagai alat persaingan yang menguntungkan mengalami perubahan berdasarkan waktu, dapat kita ilustrasikan dalam tiga tingkatan seperti di bawah ini :
[Kualitas tingkat pertama] adalah kesesuaian pada persyaratan dasar pelanggan (conformity to standards)
[Kualitas tingkat kedua] adalah kepuasan dengan persyaratan dinyatakan pelanggan (Statisfying customers).
[Kualitas tingkat ketiga] adalah mempertemuan dengan persyaratan yang tidak terungkap pada pelanggan (Customer delight)
Saat ini kualitas tingkat pertama dan kedua tidaklah cukup, para pelanggan meminta kualitas tingkat ketiga. Biasanya untuk membuat orang mengerti perubahan ini kita buat study case pada pertanyaan dibawah ini.
Pertanyaan :
Diantara item-item yang engkau beli pada tahun lalu, ingat sesuatu yang dipilih dengan sangat hati-hati (yang paling mahal). Pilih dari pilihan dibawah ini berdasarkan yang dilakukan pada waktu memilih produk tersebut :
Saya segera memilihproduk tersebut karena ia tidak ada produk saingannya yang lain.
Ada produk produk yang sejenis yang lain tetapi saya segera memilih yang saya temukan dan sukai, yang itu pilihan saya.
Ada produk produk lain yang sejenis, semua susah dipilih karena setiapnya terlihat bagus.
Lain-lain.
Hasilnya responden yang memilih pilihan A dan D cenderung sedikit dari semua responden. Paling banyak dipilih oleh responden pilihan B (diseleksi tanpa ragu-ragu) atau pilihan C (ragu-ragu akan pilihan mereka).
Hasil menunjukkan bahwa keraguan terjadi pada produk yang dipilih karena semua produk dan service yang bersaing memuaskan persyaratan pelanggan pada suatu tingkat cabang. Jika kita berbicara tentang perbandingan antara antusias dan kebutuhan umum publik dan antara produk yang baru dan yang matang, Kecenderungan menjadi lebih kuat mereka membeli produk yang lebih matang. Pada kasus ini kita dapat katakan bahwa syarat kualitas tingkat ketiga adalah perlu desain produk yang matang untuk pelanggan-pelanggan umum.

Meminimalkan kerusakan
Kualitas adalah istilah umum. Tidaklah tepat kalau dipakai untuk diskusi praktis. Ketika kita mendiskusikan masalah kualitas produk-produk tertentu dalam istilah yang kongkrit. Ia perlu diawali dengan pemisahan (break down)elemen kualitas yang merupakan kualitas produk (product's quality) dan pemisahan kualitas karakteristik (quality characteristics), kemudian menentukan kemudian menentukan standard setiap kualitas karakteristik.
Tugas ini dinamakan quality planning atau quality design. Mengingat pada meningkatnya tuntutan pelanggan pada harga dan waktu pengiriman, perlu ditentukan target termasuk biaya dan tanggal pengiriman barang dan menganjurkan management quality untuk menambahkanya pada quality objective.

Di edir ulang oleh : Ragil Sutanto

Tidak ada komentar: